Pesantren | Miftahul Huda

Sejarah Berdiri

Pondok pesantren Miftahul Huda adalah lembaga pendidikan salafy yang didirikan oleh KH. Anwar Musaddad, S.Pd, M.Si dan K. Hj. Enung Masruroh pada tanggal 10 Februari Tahun 1998. Bertempat di Kampung Kawunggading Desa Cibulakan Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat.

Pesantren Miftahul Huda pada awalnya berdiri pada areal tanah seluas 800M2  yang merupakan areal pesawahan. Atas ketekunan, keulatan serta cita-cita yang tinggi yang dimiliki oleh sang pendiri pesantren maka secara bertahap lembaga ini mulai melakukan pembangunan dengan modal seadanya dan kerja keras sendiri.

Madrasah dan asrama santri adalah bangunan pertama yang didirikan, yang kini merupakan bangunan utama yang berdiri dua lantai sebagai tempat berjalannya aktifitas belajar mengajar. Bermodalkan santri 20 orang, kegiatan belajar mengajar berjalan sempurna meski halangan dan rintangan seringkali datang.

Pada awal berdiri, Pesantren Miftahul Huda hanya menerima pendaftaran untuk santri putri, tetapi seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan kebutuhan dan tuntutan masyarakat serta saran dan nasihat dari para guru akhirnya berselang 4 tahun kemudian tepatnya pada tahun 2002 maka dibukalah pendaftar untuk santri putra.

Seiring dengan perkembangan zaman serta kebutuhan masyarakat maka pada tahun didirikanlah Pusat Kegiatan Belajar Mandiri ( PKBM ) berselang tiga tahun kemudian tepatnya pada tahun 2008 pesantren ini resmi menjadi yayasan, dengan nama Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Miftahul Huda, dan sebagai pengembangan sayap, pesantren Miftahul Huda mendirikan lembaga pendidikan formal yakni SMP Islam Miftahul Huda pada tanggal 17 Juli 2011 dengan nomor izin operasional : 425/2369/BID.SMP/KAB/2011