Pesantren | Miftahul Huda
Tsaqofah islamiyah


Ibnu Malik dan 1002 Bait Syair Gramatika

Pesantren | Miftahul Huda, Ia adalah seorang ulama yang dikenal dengan ilmu gramatika,kehebatannya dalam merangkai 1002 bait syair dalam kajian tata bahasa Arab diakui oleh para ulama dizamannya. Yang lebih hebatnya lagi seluruh karangannya tidak berbentuk naratif,melainkan bentuk syair atau lagu,tidak semua orang bisa karena susah ditiru. Kitab ini menjadi rujukan berabad-abad di seluruh dunia ..

selengkapnya

Telunjuk Syekh Nawawi Menyala

Pesantren | Miftahul Huda ,  Ada Imam Nawawi ada Syekh Nawawi Al-Bantani,keduanya memiliki kehebatan dalam menulis kitab.Pada pembahasan ini akan dikupas Ulama intelek sekaligus penulis kitab-kitab hebat dari Indonesia. Nama lengkapnya adalah Abu Abdul Mu’ti Muhammad bin Umar bin Arbi bin Ali Al-Tanara Al-Jawi Al-Bantani.Ia lebih dikenal dengan sebutan Muhammad Nawawi Al-Jawi ..

selengkapnya

Asma binti Yazid Al-Anshoriyah RA,Seorang Wanita Cerdas dan Tangguh

Pesantren | Miftahul Huda ,  Asma masuk Islam bersama para perempuan yang lebih dahulu masuk Islam dari kalangan Anshor melalui tangan Mushab bin Umair. Dia seorang wanita suci yang ideal dalam iman, ilmu dan kesabaran, serta memiliki keutamaan yang banyak. Ditambah lagi ia termasuk perempuan yang meriwayatkan hadits Rasulullah saw.    Dia termasuk perempuan yang ..

selengkapnya

Pencatat Keabadian Cinta

Pesantren | Miftahul Huda ,  Jika matahari tidak terbit, Cukuplah wajah Laila menggantikan  sinarnya, Jika rembulan tidak timbul, Kelembutan Laila sudah cukup menyejukkan  bumi. - Puisi Qais kepada Laila -   Dalam kisah cinta,pena memiliki peran sejarah yang sangat besar dalam mengabadikan cerita kesetiaan dan kasih sayang yang tulus. Banyak kisah ..

selengkapnya

Saat Masjid Jadi Jantung Peradaban

Pesantren | Miftahul Huda ,  Mari sejenak kita terbang ke abad ke-15, saat itu Eropa masih berada di penghujung abad gelap, yang mana sebagian besar masyarakatnya masih mempercayai takhayul dan cerita bohong. Saking percayanya, mereka sanggup membakar seorang wanita atau mengubur hidup-hidup seorang lelaki hanya karena dakwaan mereka dirasuki setan Pada abad ke-15 tepatnya tahun 1470, ..

selengkapnya