Pesantren | Miftahul Huda

Tentang Kami

Tentang Kami

Pondok pesantren Miftahul Huda adalah lembaga pendidikan salafy yang didirikan oleh KH. Anwar Musaddad, S.Pd, M.Si dan K. Hj. Enung Masruroh pada tanggal 10 Februari Tahun 1998. Bertempat di Kampung Kawunggading Desa Cibulakan Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat.

Pesantren Miftahul Huda pada awalnya berdiri pada areal tanah seluas 800M2  yang merupakan areal pesawahan. Atas ketekunan, keulatan serta cita-cita yang tinggi yang dimiliki oleh sang pendiri pesantren maka secara bertahap lembaga ini mulai melakukan pembangunan dengan modal seadanya dan kerja keras sendiri.

Madrasah dan asrama santri adalah bangunan pertama yang didirikan, yang kini merupakan bangunan utama yang berdiri dua lantai sebagai tempat berjalannya aktifitas belajar mengajar. Bermodalkan santri 20 orang, kegiatan belajar mengajar berjalan sempurna meski halangan dan rintangan seringkali datang.

Pada awal berdiri, Pesantren Miftahul Huda hanya menerima pendaftaran untuk santri putri, tetapi seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan kebutuhan dan tuntutan masyarakat serta saran dan nasihat dari para guru akhirnya berselang 4 tahun kemudian tepatnya pada tahun 2002 maka dibukalah pendaftar untuk santri putra.

Seiring dengan perkembangan zaman serta kebutuhan masyarakat maka pada tahun didirikanlah Pusat Kegiatan Belajar Mandiri ( PKBM ) berselang tiga tahun kemudian tepatnya pada tahun 2008 pesantren ini resmi menjadi yayasan, dengan nama Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Miftahul Huda, dan sebagai pengembangan sayap, pesantren Miftahul Huda mendirikan lembaga pendidikan formal yakni SMP Islam Miftahul Huda pada tanggal 17 Juli 2011 dengan nomor izin operasional : 425/2369/BID.SMP/KAB/2011

SEJARAH NAMA

Nama Miftahul Huda adalah nama yang diberikan oleh guru almamater pendiri yakni Al marhum, al magfurlah KH. Umar Nawawie, berikut logo yang diberikan, sehingga atas do’a dari beliaulah sampai saat ini Pesantren Miftahul Huda Kawunggading cianjur sudah berdiri megah di atas areal tanah seluas 2Ha.

Dengan visi “ Terwujudnya insan yang memiliki keseimbangan Spiritual, Intelektual, dan Moral menuju generasi ulul albab, berkomitmen tinggi terhadap kemaslahatan Umat dengan berlandaskan pengabdian kepada Allah SWT “, pesantren Miftahul Huda terus berbenah, target menciptakan kader manusia yang memiliki keseimbangan spiritual, intelektual dan moral merupakan modal yang menjadi pemicu semangat seluruh civitas akademika pesantren untuk mengembangankan lembaga ini.

Terbukti setiap hari terus berdatangan santri yang bermaksud menggali ilmu di pesantren Miftahul Huda mereka datang dari berbagai daerah terutama di Kabupaten Cianjur.

PROFIL PENDIRI

KH. Anwar Musaddad, S.Pd, M.Si adalah alumnus dari beberapa pesantren kawasan priangan timur. Lembaga pendidikan yang pernah ia tempati diantaranya Pesantren Annur Cipasara, Tasikmalaya, Pesantren An Najaa Cibalagbag Salopa, Pesantren Riyadhul Muta’alimin Gegempalan, Cikoneng, Miftahul Huda Ustmaniyah Cikole Ciamis, Riyadhul Ulum Petirhilir Ciamis, Riyadhul Alfiah Sadang Garut dan Al Fatah Cikoneng Ciamis.

Sementara K. Hj Enung Masruroh yang merupakan istri beliau adalah merupakan alumnus beberapa pesantren dari kawasan yang sama, yakni  Pesantren Miftahul Huda II Bayasari Ciamis, Pesantren Al Ma’arif Bantargedang Tasikmalaya, Pesantren Al Barokah Kawalu Tasikmalaya, Al Fatah Cikoneng Ciamis, dan An Najaa Cibalagbag Salopa Tasikmalaya.

Berbekal dari beberapa pesantren itulah yang menjadi pemicu semangat pendiri untuk menciptakan lembaga besar yang sampai profil ini dirilis sudah memiliki 300 orang santri yang datang dari berbagai pelosok di negeri ini.

  

VISI DAN MISI

 Terwujudnya insan yang memiliki keseimbangan Spiritual, Intelektual, dan Moral menuju generasi ulul albab, berkomitmen tinggi terhadap kemaslahatan Umat dengan berlandaskan pengabdian kepada Allah SWT.

 

MISI

Menyelenggarakan proses pendidikan Islam yang berlandaskan nilai-nilai religi dalam upaya peningkatan ketaqwaan kepada Alloh SWT.

Meningkatkan citra positif lembaga pendidikan Pondok Pesantren yang berwawasan sains dan tehnologi Informasi serta berbudaya modern yang Islami. (QS. 39:18)

Menjalankan proses pendidikan yang menjunjung tinggi nilai-nilai akhlaqul karimah yang berlandaskan kepada kepribadian Rosulullah SAW sebagai suri tauladan ummat. ( Al Ahzab:21 ).

Menjalankan proses pendidikan yang berorientasi pada mutu, berdaya saing dalam rangka meningkatkan persaingan dan perkembangan zaman. ( Asshof : 4 ).

Mengembangkan pola kerja pondok pesantren dengan berbasis pada manajemen yang Islami guna menciptakan suasana kehidupan di lingkungan pondok yang tertib, aman dan damai. (QS. 56: 26)